Saturday 8 April 2017

Mengenal Tata Surya

Matahari merupakan pusat tata surya kita. Matahari terbentuk dari unsur -unsur hidrogen, helium, karbon, nitrogen, dan unsur lainnya. Selain matahari sebagai pusatnya, sistem tata surya kita juga terdapat anggotanya yaitu benda-benda langit lainnya seperti planet,asteroid, meteoroid, komet, dan satelit.
Planet, ditata surya kita ada 8 planet yang berputar mengelilingi matahari ( Revolusi). planet-planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter,Saturnus, Uranus, dan Neptunus. cara menghafalkannya dengan cara sebagai berikut yaitu " membawa vas bunga mawar yang sudah usang nanti". Setiap kata dalam kalimat tersebut mewakili nama planet.
1. Merkurius, planet ini paling dekat dengan matahari. planet ini merupakan planet paling kecil dan tidak memiliki satelit.sering disebut bintang fajar karena terlihat pada waktu pagi hari.
2. Venus, venus merupakan planet yang mirip dengan bumi. planet ini biasa di panggil bintang fajar, bintang senja, dan bintang kejora. venus tidak memiliki satelit.
3. Bumi, bumi merupakan planet yang kita tinggali dan satu-satunya planet ditata surya kita yang ada kehidupan. bumi terdapat oksigen, nitrogen, karbondioksida, dan air yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. bumi memiliki satu satelit yaitu bulan.
4. Mars, mars disebut planet merah karena sebagian besar permukaannya terdiri dari gurun luas yang tanah dan batuannya berwarna merah sehingga terlihat planet mars berwarna merah. planet mars memiliki 2 satelit yaitu Phobos dan Deimos. Planet merkurius,venus,bumi dan mars disebut planet dalam.
5 Yupiter, merupakan planet paling besar sehingga disebut planet raksasa. yupiter memiliki satelit paling banyak diantara planet yang lainnya yaitu 63 satelit. Empat satelit terbesarnya adalah Ganymede, Io,Europa, dan Calisto.
6. Saturnus, merupakan planet bercincin. sebenarnya Yupiter, uranus, dan neptunus juga bercincin namun tipis. saturnus ,memiliki 17 satelit diantaranya titan, rhea, iapetus,dan diones.
7. Uranus, planet ini terlihat biru kehijauan.warna tersebut karena gas metana dan hidrogen yang mendominasi atmosfer uranus. Planet ini ditemukan oleh William Herschel pada 13 maret 1781.satelit uranus yaitu 15 salah satunya miranda, ariel,titania,oberon, dan bianca. nama-nama satelit uranus diambil dari nama tokoh dalam cerita karangan William Shakespeare.
8. Neptunus, merupakan planet paling dingin dalam tata surya kita karena hanya mendapat sedikit cahaya matahari hal ini karena letaknya paling jauh dengan matahari.Planet ini ditemukan oleh Galle dibantu D'Arrest pada tanggal 23 September 1846.neptunus memiliki 8 satelit salah satunya triton, nereid,dan galatea.planet yupiter,saturnus,uranus,dan neptunus disebut planet luar.

Asteroid merupakan benda kecil yang terletak antara mars dan yupiter.
komet merupakan bintang langit yang mengelilingi matahari dengan lintasan lonjong. nama-nama komet antara lain komet helley melintas setiap 76 tahun sekali. selain komet halley antara lain komet kohautek, komet arenf-roland, ikeya-seiki, encke, west, dan hyakutake.

meteoroid merupakan benda langit yang jumlahnya banyak dan lintasannya tidak tetap. meteoroid yang jatuh terbakar atmosfer di sebut meteor. meteor yang jatuh dan sudah sampai bumi di sebut meteorit.

Satelit, satelit merupakan benda langit yang mengelilingi planet. satelit ada 2 yaitu satelit alam yang dibentuk alam dan satelit buatan yang dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk sarana komunikasi, memantau keadaan cuaca, dan meneliti benda-benda luar angkasa.

semoga tulisan ini bermanfaat... jika ada yang salah silakan dikoreksi di kolom komentar


No comments:

Post a Comment