Tuesday 2 January 2018

Ciri Khusus Tumbuhan

Seperti hewan, tumbuhan juga memiliki ciri khusus yang membedakan antara tumbuhan satu dengan tumbuhan yang lain. Tumbuhan sebagai makhluk hidup memperlukan makanan namun bedanya tumbuhan mampu membuat makanan sendiri. Tumbuhan ada yang hidup dilingkungan kering seperti padang pasir ada juga tumbuhan yang hidup ditanah yang selalu tergenang air seperti laut ataupun danau atau sungai. Tumbuhan memiliki ciri khusus dikarenakan untuk mempertahankan kelestarian hidupnya yang akhirnya tumbuhan melakukan adaptasi lingkungan. Beberapa ciri khusus pada tumbuhan.

Baca Juga: "Ciri Khusus Hewan"

1. Kaktus
Kaktus merupakan tumbuhan yang hidup dilingkungan yang kering termasuk juga mampu hidup dipadang pasir yang sangat kering dan juga panas. Kaktus memiliki ciri khusus diantaranya batang yang mengembung yang digunakan untuk menyimpan air selain itu kulit batang yang berlapis lilin yang mampu menghalau penguapan air yang ada pada batang ditambah kaktus memiliki daun yang berbentuk duri yang manfaatnya sangat besar yaitu mengurangi penguapan dan juga melindungi kaktus dari perusak.

2. Teratai
Sumber gambar: https://www.vebma.com/media/uploads/49/57c8e7e8d47f9.jpg

Berbeda dengan kaktus yang hidup didaerah yang kering, teratai sebaliknya yaitu hidup di daerah yang selalu digenangi air yaitu disungai ataupun didanau. Teratai juga memiliki ciri khusus untuk dapat bertahan hidup dilingkungan yang basah yaitu daunnya lebar dan tipis dan mengapung di air yang berguna mempercepat penguapan dan juga batangnya yang berongga yang mampu menyalurkan oksigen kebatang dan juga akar sehingga batangnya tidak membusuk. Akar pada teratai sampai ketanah yang membuat teratai tidak terbawa arus air.


3. Enceng Gondok
Enceng gondok seperti teratai hidupnya di air. Enceng gondok berakar serabut dan tidak menempel ditanah melaikan melayang di air. Enceng gondok memiliki akar serabut yang membantunya mempertahankan posisinya sehingga tidak terbalik selain itu enceng gondok juga memiliki pangkal taingkai daun yang berongga sehingga mampu mengapung di air.

4. Cemara
Cemara biasa kita temui terkadang ditepi jalan ataupun digunakan untuk perayaan hari raya natal. Ciri khusus pohon cemara yaitu semakin tinggi semakin berbentik kerucut atau tepatnya atasnya lancip. Pohon cemara daunnya berbentuk seperti jarum yaitu kecil-kecil memanjang yang bermanfaat mengurangi penguapan karena cemara pada umumnya hidup dilingkungan yang kering. Batang pada cemara memiliki kulit yang tebal sehingga mampu menahan rasa dingin.

5. Kantong semar dan Venus
Sumber gambar: https://blogs.uajy.ac.id/martha24/files/2015/12/6149a-kantongsemar1.jpg
Sumber gambar: https://i2.wp.com/www.tandapagar.com/wp-content/uploads/2016/04/venus-flytrap.jpg?fit=800%2C600

Dua tumbuhan ini termasuk tumbuhan insektivora karena memakan serangga. Venus daunnya seperti mulut yang memiliki perekat atau enzim yang mampu menjebak serangga dan memprosesnya menjadi nitrogen yang digunakan untuk mencukupi asupan nitrogen di venus tersebut. Kantong semar memiliki katung pada ujung daunnya yang memiliki fungsi sama denga daun pada venus.


6. Tumbuhan Bakau
Sumber gambar:https://storage.googleapis.com/ilmugeografi/2016/05/hutan-bakau.jpg

Tumbuhan bakau biasa digunakan untuk mengurangi atau menghalau terjadinya abrasi yaitu pengkisisan pantai akibat air laut. Tumbuhan bakau biasa ditemui dipantai atau muara dan juga sungai di daerah pantai. Tumbuhan bakau memiliki ciri khusus yaitu memiliki akar yang sebagian muncul dipermukaan air dan sebagaian masuk tanah. Akar yang muncul kepermukaan air mampu menyerap oksigen dan menyalurkan ke akar yang tergenang air sehingga tidak membusuk. Selain itu bakau juga memiliki daun yang dapat mengeluarkan kelebihan garam.

2 comments:

  1. biologi pelajaran favorit saya :v

    ReplyDelete
  2. Kalau itu kan ciri ciri tumbuhan yg umum, kalau ciri ciri tumbuhan yg beracun terutama di hutan itu apa?

    ReplyDelete