Tuesday 2 January 2018

Simbiosis dan Contohnya

Simbiosis merupakan hubungan antar makhluk hidup. Simbiosis dibedakan menjadi tiga yaitu simbiosis mutualisme, parasitisme, dan simbiosis komensalisme. Dalam artikel ini akan membahas tuntas simbiosis dan beberapa contoh jenis simbiosis.
Sumber gambar: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimLcG4xNxufCwszJ4rIH-FP9yEsLi1HBJiLOCNAOjJFH1IZ27QCi8QalDRmnaVLbTv3X119VyVnKt1rBj0ThkXZ1vXVfMtcuX-u0z28xtmcZ4GObrlztcdzVvo69ixRGCnSUQZ4nI_cGM/s640/Lebah-Blue-Banded.jpg

1. Simbiosis Mutualisme
Simbiosis Mutualisme merupakan simbiosis yang saling menguntungkan yaitu kedua belah pihak merasa di untungkan. Adapun contoh simbiosis ini adalah buruk jalak dengan kerbau. Kenapa burung jalak dengan kerbau termasuk contoh simbiosis mutualisme? Karena baik jalak dan kerbau merasa diuntungkan dari hubungan tersebut. Kerbau diuntungkan karena kutu pada kerbau hilang dimakan oleh jalak sedang jalak untung karena mendapatkan makanan dari kerbau berupa kutu yang menempel di punggung kerbau.

Baca Juga: "Gaya dan Manfaatnya"

Selain kerbau dan jalak ada contoh lain yaitu lebah dengan bunga. Lebah menghisap netra pada bunga sedang bunga dibantu proses penyerbukannya. Ada juga ikan badut dan anemo laut, alga dengan jamur, tanaman leguminuse dengan bakteri rizobium, semut dengan kutu buah , buaya dengan burung plover, burung oxpecter dengan zebra, dan juga rayap dengan protista.

2. Simbiosis Parasitisme
Simbiosis yang kedua ini merupakan simbiosis yang mana satu pihak merasa di untungkan sedangkan pihak lain dirugikan. Contoh simbiosis ini adalah walang sangit dengan padi. Walang sangit mendapat makanan dari daun dipadi sedang padi merasa rugi karena daunnya rusak sehingga terganggu proses fotosintesisnya. Selain itu pertumbuhan padi juga terganggu.

Contoh lain dari simbiosis parasitisme adalah tanaman benalu yang menempel pada tumbuhan inangnya yaitu contohnya mangga karena sifat tanaman benalu mengambil sari-sari makanan dari tumbuhan inangnya. Contoh lain  cacing perut dan cacing tambang yang hidup diperut manusia, bunga raflesia dengan inangnya, dan juga tali putri dengan pohon teh.

Baca Juga : "Ciri Khusus Hewan"

3. Simbiosis Komensalisme
Pada simbiosis ini salah satu pihak diuntungkan namun pihak lain tidak merasa untung maupun merasa rugi. Contoh simbiosis ini adalah ikan remora dengan ikan hiu. Ikan remora berada dibawah ikan hiu mendapat perlindungan dari ikan yang ingin memangsa ikan remora namun ikan hiu tidak dirugikan karena ikan remora tidak mengganggu ikan hiu. Selain itu ada contoh lain yaitu tumbuhan paku dengan tumbuhan inangnya, ikan goby dengan bulu babi yang hidup di laut.

No comments:

Post a Comment