Thursday 4 January 2018

Memahami Energi dan Manfaatnya

Energi merupakan kemampuan melakukan usaha. Energi menurut hukum kekekalan energi yaitu energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan namun dapat dirubah menjadi bentuk energi lain. Energi tidak dapat dipegang namun dapat dirasakan. Ada beberapa macam energi berdasarnya jenisnya yaitu

Sumber gambar: https://www.irelandsown.ie/wp-content/uploads/2016/06/bonfire.jpg

1. Energi Panas
Nama lain energi panas yaitu energi kalor. Energi panas merupakan energi yang dihasilkan oleh benda-benda yang mengeluarkan panas. Sumber energi panas antara lain api, setrika, panas bumi, dan matahari. Segala sesuatu yang dapat menghasilkan panas disebut sumber energi panas. Sumber energi sendiri merupakan segala sesuatu yang dapat menghasilkan energi. Manfaat energi panas bagi kehidupan manusia yaitu untuk menjemur pakaian, merapikan pakaian dengan panas setrika, mengeringkan ikan, dan menghangatkan badan.

Baca Juga : "Gaya dan Manfaatnya"

Berkaitan tentang energi panas, ada beberapa jenis perpindahkan panas yaitu radiasi, konduksi, dan konveksi. Radiasi merupakan perpindahan panas tanpa melalui zat perantara contohnya panas matahari yang langsung dapat kita rasakan dan panas api yang jika kita duduk dekat api kita akan merasa panas. Selanjutnya Konveksi merupakan perpindahan panas melalui zat perantara dimana zat perantaranya ikut berpindah contoh memasak air, air yang bawah panas akan naik ke atas dan yang atas belum panas akan turun kebawah. Konveksi juga terjadi pada udara dan asap juga. Selanjutnya ada konduksi merupakan perpindahan panas melalui zat perantara namun zat perantara tidak ikut berpindah melainkan panas mengalir melalui zat perantara contohnya saat ujung besi di letakan di api maka ujung yang lain akan panas juga. Energi panas dapat menyebabkan terjadinya perubahan suhu jika suhu naik maka akan panas dan benda yang dari logam akan memuai sedangkan jika suhu turun benda akan menyusut terutama yang dari logam.

2. Energi Listrik
Energi listrik merupakan energi yang timbul karena adanya arus listrik. Energi listrik banyak digunakan oleh manusia dizaman sekarang ini. Hampir setiap kegiatan manusia memanfaatkan energi listrik contoh listrik dimanfaatkan untuk menyalakan lampu, televisi, setrika, kulkas, dan masih banyak lagi lainnya. Adapun sumber energi listrik yaitu baterai, generator, dan aki. Adapun manfaat adanya energi listrik yaitu kita bisa menonton televisi, kita bisa menggunakan setrika listrik, kita bisa menggunakan lampu senter, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Energi Bunyi
Energi bunyi merupakan energi yang timbul oleh benda-benda yang mengeluarkan bunyi. Sumber energi bunyi yaitu benda-benda yang mampu berbunyi contoh gitar, gendang, benturan tangan,petir, guntur, suara air terjun, dan masih banyak lagi yang lainnya. Manfaat energi bunyi yaitu memunculkan alunan musik, sarana komunikasi, untuk mengukur dalamnya laut, mengukur luas gua, dan mendekteksi keretakan logam. Jika kita mendengarkan bunyi yang terlalu keras maka akan berakibat telinga akan sakit bahkan bisa tuli karena rusaknya gendang telinga.

Baca Juga: "Benda dan Sifatnya"

Bunyi dapat diredam dengan dengan melapisi dinding dengan bahan yang terbuat dari busa, karet, karpet, goni, dan wol. Bunyi dapat dipantulkan jika mengenai dinding atau penghalang. Semakin dekat dengan sumber bunyi maka bunyi terdengar lebih keras dibanding yang jauh dari sumber bunyi.

4. Energi Kimia
Energi kimia merupakan energi yang dihasilkan oleh reaksi kimia. Sumber energi kimia yaitu makanan, bahan bakar minyak, aki, dan baterai. Energi kimia terjadi karena adanya reaksi kimia. Di dalam baterai dan aki mengandung energi kimia yang jika digunakan akan berubah menjadi energi listrik. Makanan didalamnya mengandung energi kimia yang diperoleh melalui kegiatan memasak. Makanan jika digunakan akan merubah energi kimia menjadi energi gerak. Adapun manfaat adanya energi kimia antara lain sebagai sumber bahan bakar, pengawet makanan, dan menyimpan energi

5. Energi Cahaya
Energi Cahaya merupakan energi yang timbul dari benda-benda yang memancarkan cahaya. Sumber energi cahaya yaitu api, matahari, lampu senter, kunang-kunang, petir, dan segala benda yang mampu mengeluarkan cahaya. Manfaat energi cahaya yaitu penerangan pada malam hari dan siang hari, alat rontgen, dan membantu fotosintesis.

Baca Juga: "Mengenal Tata Surya"

6. Energi Gerak
Energi gerak merupakan energi yang dihasilkan oleh benda-benda yang bergerak. Contoh manusia berjalan, motor berjalan, dan batu menggelinding. Nama lain energi gerak yaitu energi kinetik. Sumber energi gerak yaitu angin, air, baterai dan lainnya yang mampu mendorong atau menyebabkan benda bergerak. Manfaat energi gerak diantaranya mobil sebagai sarana transportasi, menyalakan lampu yaitu pada lampu sepeda, dan pada kipas angin gerak baling-baling membuat udara menjadi segar dan tidak panas.

No comments:

Post a Comment